Kamis, 10 Januari 2013

MIRA F01111032



                                  
                               LIPUTAN FESTIVAL SENI BUDAYA MELAYU
 Stan-stan Pameran
Acara ini merupakan acara yang sangat ditunggu oleh setiap masyarakat di Kalimantan Barat karena melalui acara ini setiap daerah dapat mempekenalkan bebudayaannya masing-masing tanpa harus orang pergi ke daerahnya. Setiap daerah juga dapat menjual kerajinan tangan di acara ini. Acara ini merupakan acara yang sangat menarik dan menghibur.
“Sebelah kanan sini kak parkirnya” tampak dari parkir yang mencoba mentertibkan kendaraan bermotor. Gemerlap lampu sentar keamanan yang biasa dipakai oleh seorang polisi lalu lintas. Tampak tersusun dengan rapi setiap kendaraan motor setiap pengunjung yang dtang dari berbagai sisi masuknya,dari sebelah kanan dan sebelah kiri. Tak lupa tukang parkir menagih uang parkir sebesar Rp2000,00 setiap satu kendaraan.
Pintu masuk menuju sudah terlihat stan-stan dari berbagai daerah. Dari sisi kanan  sudah stan dari Kota Singkawang yang memamerkan tanaman hias yang ada di Singkawang, keripik pisang, kursi pengantin dan lesung yang terbuat dari kayu dan lukisan tempat yang ada di Singkawang. Sebelah kiri tampak dari daerah Kabupaten Landak yang memamerkan lukisan dan gambar tempat bersejarah yang ada di Kabupaten Landak, salah satunya yaitu makan pahlawan mandor.
Berjalan menuju kedepan lagi tampak stan dari daerah Kabupaten Sambas yang memamerkan binatang yang dipermentasi yaitu binatang jenis cicak. Gambar Sultan Sambas, para pejuang Sambas, dan keraton Sambas yang dahulu. Sambas terkenal dengan bubur pedas, di stan ini ada terjual bumbu instan bubur pedas dan menjual CD lagu-lagu nyayatek lagu gedolok dari Sambas. Disamping stan Kabupaten Sambas terdapat stan orang berjualan makanan, minuman,baju, kerudung dan lain-lain.
Pasti tidak asing lagi bila mendengar  kerupuk basahkan? Ya, ini merupakan makanan khas dari daerah Kapuas Hulu yang yang menjual kerupuk basah. Kerupuk basah ini terbuat dari ikan, kerupuk ini dikatakan basah karena emang bentunya basah tidak seperti kerupuk jenis lainnya yang di goreng. Kerupuk basah ini dimakan dengan menggunakan bumbu kacang yang pedas manis dan kental dan rasa nya yang enak dan mengeyangkan. Untuk satu porsi kecil penjual menghargakannya dengan harga Rp12000,00 . Kita juga bisa membeli kerupuk untuk oleh-oleh orang di rumah.
Disamping stan Kapuas Hulu ada stan dari daerah Kabupaten Kubu Raya. Tampak seorang penjaga stan yang duduk menjaga stannya.stan ini yang memamerkan hasil kerajinan makanan olahan mereka yaitu pisang salai atau lengkeng pisang. Mereka juga menampilkan cara pembutankeripik pisang dengan jumlah yang banyak. Pisang yang digunakan yaitu pisang kepo. Pisang ini bagus untuk dibuat lengkeng pisang atau pisang salai.
Kita beralih ke stan kabupaten Sekadau yang memamerkan gambar tempat wisata yang ada di Kabupaten sekadau. Disamping stan Kabupaten Sekadau ada stan Kabupaten Pontiank yang memamerkan hasil hasta karya kerajinan tangan yaitu daun remi yang di rangakai menjadi sebuah tempat yang indah yang dapat berfungsi sebagai tempat menyimpan barang-barang yang kecil. Ada juga patung-patung binatang yang terbuat dari kayu yang disemir warna menjadi coklat terang sehingga patung binatang itu menjadi menarik. Dan ada lukisan pantai yang terletak di Pontianak.
Kita berarah kedepan stan Pontianak, disitu terlihat stan Kabupaten Sintang. Sipaten Sintang. Sintang memamerkan gambar kerajaan Sintang dan menjual keripikntang memamerkan gambar kerajaan Sintang dan menjual keripik talas dari bungkus kecil dan besar adajuga dodol di talas dari bungkus kecil dan besar adajuga dodol durian. Harga yang ditawarkan mulai dari yang Rp5000,00 sampai Rp25.000 ke atas. Tentu saja makanan yang dijual ini tahan sampai berminggu-minggu dan aman untuk dikonsumsi karena tanpa bahan pengawet makanan.
Sekarang kita beralih pada pameran asosoris perempuan yaitu berupa jilbab yang beraneka ragam bentuk dan harga. Dan tak lupa ada bermacam-macam bros yang lucu dan unik. Ada yang tebuat dari kain planel dan ada juga yang terbuat dari kain, ini merupakan hasil kerajinan tangan anak bangsa yang sangat berharga. Bentuknya juga bermacam-macam ada yang kecil dan ada yang besar, bros ini oleh ibu-ibu remaja juga disukai oleh anak-anak kecil karena ada juga yang berbentuk boneka jadi menarik beli dari anak-anak yang melihatnya.
Apakah anda yang datang mencari pengukir dengan ukiran nama pada cincin anda ataupun kalung? Atau sablon baju? Tenang di pameran ini juga ada tersedia atau oarng yang menjual jasanya untuk mengukir dan mensablon baju sesuai dengan pesan atau keinginan kita. Waktu pembutannya juga tidak lama, bisa sambil keliling melihata stan-stan yang ada maka setelah anda kembali lagi maka barang yang anda inginkan sudah jadi. Harganya juga dapat tarjangkau mulai dari Rp5000,00 sampai Rp15000,00 keatas.
Acara ini juga merupakan acara yang sangat menarik dan menghibur. Dalam kelancaran acara ini polisi juga berjaga-jaga dengan baik sehingga saat kegiatan berlangsung dengan baik sehingga saat kegiatan polisi belum pernah mendapatkan laporan tentang kehilangan barang dan tindakan kejahatan apapun dari setiap pengunjung yang datang. “ Acara ini sangat bagus karena melalu acara ini kita tidak akan lupa dengan kebudayaan kita sendiri dan sampai saat ini masyarakat sangat mendukung sekali dan partisipasi nya juga tinggi sehingga sampai saat ini acaranya berjalan dangan baik” ujar Pak Subagio salah satu polisi yang sedang berjaga.
Jadi di acara ini kita tidak hanya dapat melihat kebudayaan dari setiap daerah tapi kta juga dapat tahu apa saj makanan khas daerah dan kta dapat berbelanja dengan harga yang masih dapat terjangkau. Acara ini merupakan acara yang sangat ditunggu oleh setiap masyarakat di Kalimantan Barat karena melalui acara ini setiap daerah dapat mempekenalkan bebudayaannya masing-masing tanpa harus orang pergi ke daerahnya. Setiap daerah juga dapat menjual kerajinan tangan di acara ini.


Vokal Group Lagu Daerah

Kursi-kursi yang tersusun rapi yang tersedia sudah terisi semua nampak dari banyak dari penonoton yang datang berdiri pada posisi belakang dan duduk bersila di depan. Di atas penggung sudah tersedia peralatan musik. Temampang sepanduk di depan panggung gambar penari yang cantik dan gemerlap lampu nion menghiasi ruangan ini. Penonton yang datang dari kalangan anak-anak,ibu-ibu ,bapak-bapak dan kalangan pelajar yang siap untuk menyaksikan acara vokal group lagu daerah.
“Cek-cek” berulang kali terdengar suara pengecekan alat musik oleh peserta lomba vokal group lagu daerah dari Kapuas Hulu yang merupakan peserta yang tampil untuk pertama, memastikan bahwa alat-alat siap untuk dimainkan unyuk mengiringi penampilan dari vokal group. Senyum manis peserta sangat nampak sekali yang menujukkan bahwa mereka sangat yakin dan percaya diri yang siap dengan lagu wajib Kopi Pancong dan lagu daerah kebanggaanya yang akan ditampilkannya. Begitu terlihat sekali mereka dari daerah yang sangat jauh dari Kota Pontianak sangat bersemangat sekali untuk memenangkan lomba Seni Budaya melayu ini.
“ Marilah kita saksikan bersama-sama perwakilan dari daerah Kapuas Hulu dengan lagu wajib Kopi Pancing dan lagu daerahnya” pemandu acara yang cantik mempersilahkan kepada Kapuas Hulu segera beraksi dengan lagu daerah kebanggaan mereka setelah pengecekan selesai dilakukan. Suara gemuruh dari tepukan para penonton untuk peserta yang tampil pertama dan terdengar dari sudut  sisi samping teriakan untuk semangat kepada Kapuas Hulu dari para pendukung Kapuas Hulu.
 Baju warna hijau yanng menjadi pilihan mereka sanagt menggambarkan sekali kedamaian dari mereka untuk mengikuti lomba dengan tenang dan semangat. Dua pasang pemuda dan pemudi ini sangat semanagt sekai membawakan lagu wajib dan lagu daerahnya, nampak sekali dari kekompakan mereka dan senyum yang tak pernah hilang dari raut wajah mereka dan semangat dari pembawa alat musik yang mengiringi mereka bernyanyi. Terdengar lagi tepukan yang sangat meriah dari para penonton setelah penampilan dari Kapuas Hulu selesai.
Baiklah untuk peserta selanjutnya perwakilan dari daerah Kayong Utara yang akan menampilkan lagu wajib dan lagu daerah kebanggaan mereka “ pemandu acara yang mempersilahkan peserta kedua untuk tampil dan memberika waktu mengecek peralatan yang telah mereka sediakan. Saat pengecekan terdengar suara mendengking dari mix, setelah merasa sangat yakin dari peserta dan panitia perlengkapan maka pemandu acara mempersilahkan mereka untuk beraksi, pengecekan yang dilakukan hampir memakan waktu sekitar sepuluh menit mebuat penonton tidak sabar untuk menyaksikan penampilan dari mereka. Mereka yang berjumlah 6 orang yang akan bernyanyi dan diiringi oleh pemain musik dengan  mengenakan baju berwarna kuning muda dan tua yang mungkin menujukkan warna kerajaan dari daerahnya.
 Untuk penampilan peserta yang kedua ini sangat nampak bahwa mereka belum semuanya kompak karena ada yang bersemanagt dan ada yang kurang bersemangat itu terlihat jelas dari penyanyi yang terutama laki-laki yang berada pada posisi ujung yang ekspresinya kurang dalam bernyanyi. Tak terlihat senyum yang menggambarkan dari semanagat mereka dalam penampilan ini. Hal ini dirasakan oleh penonton yang menyaksikan tampilan mereka mengatakan mereka belum kompak dan kurang bersemangat. Masih ada kesalahan yang berulang kali yang dilakukan diantara mereka saat bernyanyi. Dan selalu terdengar suara tepuk tangan dari penonton saat penampilan peserta berakhir.
Penampilan yang ketiga dari amoi yang tak lain bukan adalah dari Kota Singkawang, sangat ramai tepuk tangan dari Kota Singkawang ya ng terdengar dari sisi sebelah kiri dari pintu masuk ke ruangan. Para pendukung yang nampak jelas sangat muda dan berjiwa semangat ini datang dari mahasiswa yang berasal dari Kota Singkawang. Dan nada yang semangat ini datang juga dari pemandu acara untuk mempersilahkan perwakilan dari Kota Singkawang.
Pengecekan yang dilakukan hanya memakan waktu sekitar lima menit dan dari penanyinya langsung mengecek suara. Saat sedikit menyanyikan lirik dari kopi pancong untuk mengecek peralatan penonton dibuat tercengang dengan suara mereka. Mereka menggunakan baju yang sangat meriah sekali terlihat sekali dari warna baju mereka yang berwarna cerah dan motif bajunya yang terbilang sangat bagus,  mahal dan sangat cocok sekali dipakai oleh penyanyinya yang sangat cantik dan anggun. Mereka sangat kompak dan bersemangat, terlihat dari awal mereka tampil di pentas senyum mereka tak pernah hilang dari raut wajah mereka dan membuat penonoton juga ikut bersemangat untuk menyaksikan penampilan mereka sampai selesai.
Irama musik dan lagu sangat indah sekali saat penampilan dari Kota Singkawang lemah dan gemulai gerakan dari penyanyinya dan suara yang merdu mempesona juri dan penonton. Tak salah lagi pilihan juri bahwa Kota singkawang mendapatkan  juara. Berkat kekompakan dan keserasiaan musik dan suara penyanyinya maka lagu yang dibawakannya menjadi indah. Lagu daerah yang mereka bawakan saaat itu yaitu Ngeremo yang artinya menangkap ikat dengan menggunakan alat yang biasa disebutnya alat tangguk ikan.
Kalah dan menang itu selalu terjadi didalam setiap perlombaan, yang menang boleh berbangga hati dan yang kalah tidak boleh berkecil hati. Dengan penampilan yang mereka tampilkan maka mereka sudah bisa disebut sebagai pemenang. Mereka sudah berani tampil didepan umum dan mewakili daerahnya. Terpenting dari kegiatan ini dari mereka adalah untuk memperkenalkan kebudayaan mereka masing-masing dan terlebih lagi mereka juga sudah menghibur setiap penonton yang datang untuk menyaksikan penampilan mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar