Senin, 07 Januari 2013

ZULKARNAEN F01111015




FESTIVAL KEBUDAYAAN MELAYU SEKALIMANTAN BARAT
Kami mendapatkan tugas dari dosen bahasa indonesia untuk meliput acara festival yang diadakan di Rumah adat melayu yang ada di kota baru ,Pontianak provinsi Kalimantan barat .acara ini dilaksanakan selama beberapa hari dan diikuti oleh semua kabupaten yang ada di Kalimantan barat Festival ini diadakan bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat melayu yang ada di Kalimantan barat serta untuk memperkenalkan kebudayaan serta kreatifitas masyarakat melayu yang berada pada daerah yang berlainan.Banyak sekali agenda yang diadakan di Festival ini seperti lomba debat, pantun,lomba menyanyikan lagu daerah dan banyak lagi acara lain nya,lomba paduan suara diikuti oleh semua kabupaten yang ada di Kalimantan barat,lagu yang dilomba kan terdiri dari 2 lagu yang pertama lagu wajib yang berjudul KOPI PANCONG dan lagu kedua merupakan lagu pilihan yang dibawakan dari daerah masing-masing yang merupakan lagu andalan di daerah mereka masing-masing. Dalam Festival budaya ini kami juga berada disana, kami melihat begitu indah pernak pernik yang ada di ruangan tersebut, baik itu lampu-lampu yang menerangi Festival tersebut maupun alat-alat yang akan dipakai oleh peserta pestival tersebut dan juga pakaian yang akan dipakai oleh peserta pestival budaya tersebut. Pertama kami datang Festival budayanya belum mulai dikarenakan peserta Festival budaya masih banyak mencoba alat-alat mereka sebelum menampilkan budaya-budaya mereka yang akan di tonton oleh masyarakat PONTIANAK maupun peserta Festival lainnya yang akan menampilkan budaya mereka juga. Setelah beberapa menit sekitar dua puluhan menitnya, Festival budayanya pun mulai yang akan di mulai dari kabupaten KAYONG UTARA. Tetapi belum mulai dikarenakan peserta Festival budaya masih banyak mencoba alat-alat mereka sebelum menampilkan budaya-budaya mereka yang akan di tonton oleh masyarakat PONTIANAK maupun peserta festival lainnya yang akan menampilkan budaya mereka juga. Setelah beberapa menit sekitar dua puluhan menitnya, Festival budayanya pun mulai yang akan di mulai dari kabupaten KAYONG UTARA.
Setelah penampilan peserta dari kabupaten KAYONG UTARA, kami tidak tahu siapa yang tampil lagi. Namun setelah mc memanggil bahwa yang tampil berikutnya adalah peserta asal kabupaten SINGKAWANG. Dimana seperti biasanya peserta yang sesudahnya sebelum mereka tampil, mereka pun mencoba alat-alat mereka juga. Tetapi peserta asal SINGKAWANG ini memerlukan banyak waktu untuk mencoba alat-alatnya, dikarenakan alat-alat mereka bawa sangat banyak seperti ARPA,GENDANG,HARMONIKA,MARAKAS, dan PIANO yang biasa di pakai zaman dahulu. Sehabis mencoba (ceck-ceck) alat-alat mereka, akhirnya peserta asal dari kabupaten SIMGKAWANG menampilkan lagu wajib yaitu “ KOPI PANCONG”.
Mereka membawakan lagu wajib tersebut pun sangat memukau masyarakat PONTIANAK dan peserta-peserta yang ikut festival budaya lainnya serta penonton-penonton lainnya juga yang ikut menonton Festival budaya ini. Apalagi peserta asal kabupaten SINGKAWANG ini tampil dengan pakaian adat istiadat budaya daerah mereka yang berwarna merah serta alat-alat musiknya juga yang tradisional.
Selepas itu peserta asal kabupaten SINGKAWANG membawakan lagu budaya daerah mereka yang salah satu cirri-ciri tentang kebudayaan mereka. Yang membuat peserta ini tampil dengan sempurna disebabkan selain alat-alat tradisional mereka, mereka juga mempunyai personil-personil anggota yang memiliki suara yang bagus dibandingkan dengan peserta lainnya yang sudah tampil sebelumnya. Yang paling sempurna menyanyikan yaitu personil mereka yang perempuan yang memiliki suara begitu bagus sekali. Apalagi dibarengi tingkah seorang laki-laki yang selalu memberikan semangat kepada anggota-anggotanya, dengan cara memegang maracas kecil serta goyangannya juga yang membuat penonton menjadi terpaku dan terpana akan tingkahnya itu.
Disamping perlombaan yang diadakan di dalam ruangan rumah melayu ada lagi kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat yang dilaksanakian diluar ruangan yaitu kegiatan bazzar yaitu kegiatan dimana setiap kabupaten mendirikan stand yang memperkenalkan kebudayaan dan hasil kretivitas yang mereka hasilkan pada daerah mereka,stand tersebut sangat bervariasi dan banyak sekali pernak pernik yang dijual disana setiap stand di jaga oleh dua atau lebih orang yang bertugas untuk melayani pengunjung yang datang mereka sangat ramah dan membuat orang-orang yang datang untuk melihat hasil yang mereka jual jadi sangat nyaman dan tidak segan untuk membeli barang yang mereka jual,stand tersebuat sangat ramai sekali pengunjung yang datang untuk melihat-lihat kami tertarik untuk melihat pernek pernik yang mereka jual,bermacam ragam barang yang mereka jual mulai dari perhiasan untuk wanita seperti kalung,gelang,cincin dan lain sebagainya,untuk laki-laki juag ada seperti jam tangan .ikat pinggang,topi untuk sholat atau kopiah serta berbagai macam jajanan kuliner yang sangat menarik selera orang-orang yang melihatnya.
Melihat pernak pernik yang dijual itu mengundang atau menari teman saya untuk membeli suatu barang yang menurut nya sangat bagus yaitu sebuah pulpen tinta yang menurutnya sangat bagus untuk dibeli harga nya pun sangat menarik yaitu Rp40.000 untuk satu pulpen sungguh harga yang lumayan tinggi untuk sebuah pulpen tinta,setlah cukup lama berkeliling dan menyaksikan penampilan para vocal group kami pun merasa sangat lelah dan merasa cukup puas dengan apa yang telah ditampilkan dan diuperlihatkan diacara pestival budaya tersebut mulai dari kegiatan yang dilakukan didalam ruang rumah melayu maupun kegiatan yang dilaksanakn dluar ruangan rumah melayu yaitupameran pernak pernik berbagai maccam barang.setelah merasa puas kami pun memutuskan untuk mengakhiri acara nonton pestival budaya dan beranjak meninggalkan lokasi pestival.
Jadi dari dua penampilan peserta festival budaya ini, saya simpulkan bahwa pestival ini bertujuan untuk kita supaya bangga dengan budaya kita sendiri dan selalu melestarikan budaya kita serta menjaga budaya kita yang begitu banyak diseluruh Indonesia ini. Dan kita juga wajib memperkenalkan budaya kita ini dengan daerah orang lain bahkan kalau bisa budaya yang ada di Indonesia ini di kenal sebagai Negara yang kaya akan budaya-budaya serta adat istiadat. Sehingga anak-anak generasi juga bisa mengenalkan budaya-budaya yang ada di daerah kita masing-masing.



HASIL SEMINAR DI HOTEL ORCHARZD
PELESTARIAN BUDAYA MELAYU DIKASMLIMANTAN BARAT
Kalimantan juga dikatakan sebagai Indonesia kecil karena indonesia terdapat bebagai suku-suku bangsa sedangkan Kalimantan barat terdapat bebagai etnis kebudayaan yang banyak dan memiliki dialek bahasa yang berbeda .pada daerah tertentu pengunaan bahasa melayu amatlah beragam misalkan untuk daerah mempawah dan daerah sambas memiliki bahasa atau dialek yang berbeda,dibarat laut melayu sambas digunakan disemenanjung lembah sungai sambas.
Kedudukan bahasa melayu di Kalimantan barat
1.Bahasa melayu merupakan bahasa pertama atau induk nya bahasa atau ibunya masyarakat melayu
            2.Bahasa melayu merupakan alat komunikasi
3.Bahasa melayu merupakan bahasa yang harus dijaga dan dilestarikan,karena bahasa             melayuadalah bahasa ibu khususnya yang berada di kota kabupaten Pontianak
Alasan pelestarian budaya melayu  banyak bahasa melayu didaerah yang sudah mulai punah,penyebabnya tidak adanya penerusan bahasa melayu atau ibu banyak terjadi pergeseran kosakata pada dialek melayu Pontianak.
Peranan bahasa melayu antara lain:
1.      Alat ungkap untuk mempresentasikan pakaian daerah pada pameran kebudayaan
2.      Bahasa melayu merupakan identitas orang melayu
3.      Bahsa melayu merupakan mozaik dan harus dilestarikan
4.      Sebagai penghubung antar generasi
Upaya pelestarian bahasa melayu:
a.       Pelestarian melalui ranah keluarga
b.      Pelestarian melalui ranah pendidikan
c.       Pelestarian melalui ranah kemasyarakatan
d.      Pelestarian melalui ranah ilmu
e.       Pelestarian melalui ranah politik
 Kesimpulan :
Bahasa melayu adalah bahsa daerah dan harus lah dipetahankan supaya anak cucu kita  nanti bisa merasakan dan mendengar bahasa ibu yang dia dapat dari sejak lahir.
Usaha pelestarian harus diupayakan dengan serius oleh pemerintah melalui berbagai ranah sesuai,
             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar